Internet Underground Tentang Deep Web dan Dark Web



Perkiraan waktu membaca Menit

Edit
Deep Web dan Dark Web - Kita tentu sering mendengar tentang deep dan dark web. Katanya di dalam deep web dan dark web banyak terdapat situs-situs yang melakukan hal-hal ilegal, seperti human trafficking, drugs dealing, pembunuhan, p**nogr*fi, data pemerintah, wiki leaks, berkumpulnya para hackers, dll masih banyak lagi tentang Deep Web dan Dark Web.

Deep Web dan Dark Web - Kedua world wide web ini dianggap berbahaya karena menampilkan informasi, video, gambar yang tidak disaring terlebih dahulu oleh si uploader. Benarkah demikian?
Simak perbedaan dari penjelasan mengenai Surface Web, Deep Web dan Dark Web.

Sebelum penjelasan lebih jauh akan saya bagi menjadi 3 tingkatan bagian :
1. Surface web yang biasa umum digunakan orang untuk pencarian di internet seperti Google.com, Bing, Yahoo seacrh dsb
2. Deep web ?
3. Dark web ?


Surface Web, Deep Web dan Dark Web ini memiliki perbedaan ya, simak penjelasan berikut mengenai perbedaan antara Surface Web, Deep Web dan Dark Web


Mari kita bahas lebih rinci Tentang Deep Web dan Dark Web


1. Surface web 

ini adalah semua internet yang biasa kita lihat/gunakan sehari-hari. Google, Youtube, Facebook dll itu berada di surface web. Dan semua hal yang bisa kita googling atau cari melalui mesin pencari apapun itu adalah surface web. Dan di Indonesia, web-web ini sudah disaring oleh pemerintah terlebih dahulu. Contohnya, terkadang, jika cek di youtube video klip singer hollywood yang terlalu explicit juga di ban oleh pemerintah.

Surface web ini hanya memakai 4% dari dunia www. Dan 4% itu cakupannya sangat luas sekali, dan rasanya kuota unlimited pun tidak bisa mencakupi keseluruhan 4% ini, saking luasnya. Dan 4% ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Deep web dan Dark web.

2. Deep web

Berada di tingkatan nomor dua Kurang Aman
Deep web itu sendiri adalah web yang menampilkan semua hal yang tidak muncul di mesin pencarian, seperti google, bing, yahoo. Dan pada tahun 2001, menurut penelitian, ditemukan bahwa 96% web digunakan di deep web. Deep web ini adalah web yang lebih dalam lagi jadi mesin pencari biasa tidak bisa mencakup informasi-informasi dari deep web. Jadi jangan harap bisa cari content deep web dari Google.com

Tapi sebenarnya, deep web ini masih bisa diakses dengan mudah, jika mau. Deep web ini bisa diakses dengan menggunakan browser yang mengandung VPN atau dengan menggunakan VPN missal dengan add on extensi  VPN mozila/chrome yang tersedia. Jika menggunakan browser vpn tersebut, kamu bisa mengecoh jaringan sehingga bisa membuka konten yang tidak ada di mesin pencari google. Contoh browser yang bisa digunakan untuk mengakses deep web adalah TOR atau aplikasi seperti Hotspot Shield

Sebenarnya banyak orang yang salah kaprah mengartikan deep web sebagai web yang di dalamnya hanya terdapat video-video mengerikan dan aneh, p**nogr*fi, jual beli n*rk*ba dan hal negatif lainnya. Deep web ini hanyalah web yang menyimpan data-data yang tersembunyi. Misalnya, private message, SNS dan lainnya, data-data ini tersimpan di deep web.
Kurang lebih, hampir sama isinya dengan surface web, hanya saja informasi yang ditampilkan di deep web bisa jadi lebih detail lagi dari yang bisa ditemukan di surface web. Tapi Deep Web memang kurang aman ya bisa di katakan tidak amanlah, karna tidak akan ada SLL yang menunjukan situs ini aman bla bla, karna bisa saja situs yang kalian kunjungi itu ada virusnya dan virusnya itu bisa jadi tertanam di komputer kalian atau bisa jadi kalian sembarang klik atau tidak sengaja terdownload. Sekian tentang deep web.

3. Dark Web

Tingkatan 3, ini yang lebih kelam dan tingkatnya di atas deebweb
Dark web ini menggunakan kapasitas 0.3% dari kapasitas deep web. Dark web ini berbeda dengan deep web. Dark web adalah web yang menampilkan hal-hal ilegal. Web ini biasanya digunakan orang-orang atau hacker yang ingin melakukan transaksi ilegal tanpa khawatir dengan pengawasan pemerintah dan jauh dari hukum. Dan biasanya domain yang digunakan di dark web ini adalah .onion

Informasi yang dimasukkan ke dark web ini berupa enkripsi sehingga hanya sedikit orang saja yang bisa mengakses dan menemukan web-web ilegal ini. Meskipun misalnya sudah bisa menemukan satu web ilegal, biasanya tidak bisa masuk ke web itu. Jadi hanya sampai di laman depan web tersebut saja.

Dark web ini berisi kegiatan ilegal seperti pnc4b*lan, pmerk0s*an, pmbunuhan, video-video aneh, jual beli nrk*b4, jual beli kartu kredit curian, jual beli mnusia, senjata api dan masih banyak lagi.

Kalau berani, silahkan coba untuk akses dark web ini menggunakan TOR browser dan search/cari web dengan domain .onion. Karena, rumor video-video yang beredar di dark web ini sangat mengerikan sekali hingga katanya hanya penikmat dan pelaku video saja yang mau melihatnya.
Ingat ya menggunakan TOR browser, bukan VPN, Dark Web tidak bisa di akses hanya dengan bermodalkan VPN dan teori pencarian di Dark Web ini juga sangat berbeda, kalian tidak akan bisa hanya mengetik seperti pada pencarian Google.com

Sekarang ada juga beberapa video dari dark web yang tersebar di instagram atau surface web Google.com Tapi, yang tersebar itu katanya sangat tidak mengerikan dibandingkan yang ada di dark web.

Dark Web ini sangatlah tidak aman untuk di akses lewat kompter kalian, ada banyak virus, hacker dsb

Bagaimana apakah sudah cukup penjelasan dan perbedaan mengenai Surface Web, Deep Web dan Dark Web.

Kamu baru saja membaca tentang Internet Underground Tentang Deep Web dan Dark Web

Baca Juga Cerita Lainnya

2 komentar

avatar

Terima kasih atas infonya ♡♡

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. Learn more