-->

Cicada 3301 Misteri



Perkiraan waktu membaca Menit

Edit
Cicada 3301 - adalah tentang puzzle yang telah menjadi misteri di dunia internet dimana puzzle ini paling susah dipecahkan dan muncul hanya 1 tahun sekali yang dikeluarkan oleh organisasi rahasia.  Organisasi rahasia ini bernama Cicada 3301.

Cicada 3301 ini adalah suatu organisasi yang rahasia yang telah mengeluarkan sekitar 6 puzzle sulit. Belum ada organisasi atau orang yang mengaku sebagai pembuat puzzle cicada 3301 ini.

Cicada 3301

Tujuan mereka Cicada 3301 mengeluarkan puzzle ini adalah untuk merekrut orang-orang dengan intelegensi tinggi dan pemecah kode genius. Yang masih misteri juga adalah, apa yang akan dilakukan oleh cicada 3301 jika telah menemukan orang yang dimaksud tersebut. Banyak yang bilang bahwa cicada 3301 ini adalah wadah untuk merekrut agent untuk CIA, MI6 atau NSA.

Puzzle yang mereka buat akan dikeluarkan setiap 1 tahun sekali pada bulan January. Puzzle pertama dikeluarkan pada 4 January 2012 dan muncul di internet selama satu bulan sebelum puzzle itu menghilang. Puzzle kedua muncul pada 5 January 2013, seperti image di bawah ini. Message ini berisikan hidden puzzle.

Dan yang ketiga yang dikeluarkan bukanlah puzzle melainkan petunjuk untuk puzzle sebelumnya yang dikeluarkan melalui Twitter pada 4 January 2014. Petunjuk yang dikeluarkan seperti ini:

Terdapat 2 hidden message ini dalam petunjuk ini (menurut salah satu web – http://www.theguardian.com – yang penulisnya juga termasuk yang mencoba untuk memecahkan puzzle). Message yang pertama adalah gambar cicada, seperti ini:

Dan yang kedua adalah message yang penting yang menunjukan clue dibalik puzzle sebelumnya. Namun sayang, penulis artikel tersebut tidak bisa memecahkan message kedua yang mana kemungkinan berisi petunjuk pemecah puzzle nya.

Pada 2015 mereka tidak mengeluarkan puzzle maupun petunjuk lagi. Dan pada 5 January 2016 mereka mengeluarkan petunjuk baru. Dan pada 4 January 2017 mereka mengeluarkan puzzle baru lagi dan April 2017 mereka mengeluarkan message: Beware false paths. Always verify PGP signature from 7A35090F. Message ini sepertinya mengisyaratkan untuk para pemecah agar berhati-hati dengan puzzle palsu yang beredar yang bukan buatan mereka.

Puzzle terakhir hanya bisa diakses melalui Tor browser saja. Dan puzzle hanya muncul beberapa saat saja sebelum menghilang dari dunia maya. Jadi hanya yang tercepat yang bisa melihat puzzle nya. Puzzle tersebut muncul sebentar, menghilang dan digantikan dengan statement: “We want the best, not the followers.”

Puzzle yang mereka keluarkan berfokus pada data security, kriptografi dan steganography.

Tingkat kesulitan puzzle akan semakin bertambah. Puzzle yang dikeluarkan akan semakin sulit dan kompleks tiap tahunnya.

Petunjuk
Cicada 3301 memberikan petunjuk kepada pemecah puzzle nya dengan 2 cara. Yang pertama adalah petunjuk fisik yang dikeluarkan di 9 negara. Berikut list negara-negara diletakkannya petunjuk cicada :
-Annapolis, Maryland, US
-Chino, California, US
-Columbus, Georgia, US
-Dallas, Texas, US
-Erskineville, Australia
-Fayetteville, Arkansas, US
-Flushing, New York, US
-Granada, Spain
-Greenville, Texas, US
-Haleiwa, Hawaii, US
-Little Rock, Arkansas, US
-Los Angeles, California, US
-Miami, Florida, US
-Moscow, Russia
-New Orleans, Louisiana, US
-Okinawa, Japan
-Paris, France
-Portland, Oregon, US
-Seattle, Washington, US
-Lincoln, Nebraska, US
-Seoul, South Korea
-Warsaw, Poland
-Mexico City, Mexico

Ketika petunjuk fisik dikeluarkan, maka cicada 3301 akan mengeluarkan GPS koordinat yang disana menunjukan kode QR yang ditempelkan di tiang lampu di salah satu negara tersebut di atas.

Petunjuk yang kedua dikeluarkan melalui berbagai media komunikasi yang berupa internet, telepon, original music, bootable Linux CD, digital images, physical paper sings, dan cryptic books yang tidak dipublikasikan.

Petunjuk ini pun juga harus dipecahkan dengan berbagai teknik seperti encrypt, encode, atau hide data.

Petunjuk yang dikeluarkan ini menggunakan referensi dari buku, puisi, seni dan musik. Dan setiap petunjuk juga diberikan PGP signature yang harus diverifikasi oleh pemecah puzzle untuk mengesahkan bahwa petunjuk tersebut otentik.

Seorang peserta yang mencoba memecahkan misteri ini akhirnya membuka gambar tersebut menggunakan editor text, WordPad. Dari situ, muncul sebuah sandi caesar yang berisi:
TIBERIVS CLAVDIVS CAESAR says “lxxt>33m2mqkyv2gsq3q=w]O2ntk”
Sandi tersebut dipecahkan dan menghasilkan sebuah URL atau link, ketika URL-nya dibuka di internet, justru lompat ke sebuah gambar bebek karet, dan memiliki pesan: “WHOOPS ini hanyalah umpan. Sepertinya Anda tidak bisa menebak bagaimana cara menyampaikan pesan.” Para pemenang
Beberapa orang (anonymous) meng-klaim bahwa mereka telah memecahkan puzzle cicada 3301. Namun, tidak ada konfirmasi dari cicada 3301 dan orang yang meng-klaim menang tersebut juga tidak memberikan informasi lanjutan.

Menurut pemenang puzzle tahun 2012, mereka yang bisa memecahkan puzzle akan ditanya informasi mereka tentang kebebasan, online privacy and freedom, dan rejection of censorship. Jika jawaban mereka memuaskan, maka mereka akan diundang ke private forum, dimana mereka diharuskan untuk merancang dan menyelesaikan proyek yang bertujuan untuk melanjutka visi dan misi organisasi tersebut.

Juga, menurut pemenang puzzle 2012 ini, 3301 biasanya tidak menggunakan metode puzzle untuk merekrut, namun sekarang mereka menggunakan puzzle untuk merekrut karena mereka menginginkan anggota dengan potensi kriptografi dan juga memiliki kemampuan komputer yang tinggi.

Dan terdapat satu email terpercaya yang dikirm oleh cicada kepada pemenang puzzle 2012. Email ini berisi tentang siapa cicada itu dan misi mereka. Inilah isi emailnya:

“You have all wondered who we are, and so we shall now tell you. We are an international group. We have no name. We have no symbol. We have no membership rosters. We do not have a public website and we do not advertise ourselves. We are a group of individuals who have proven ourselves, much like you have, by completing this recruitment contest, and we are drawn together by common beliefs. A careful reading of the texts used in the contest would have revealed some of these beliefs: that tyranny and oppression of any kind must end, that censorship is wrong and that privacy is an inalienable right.”
Terjemahan
“Anda semua bertanya-tanya siapa kami, dan sekarang kami akan memberi tahu Anda. Kami adalah grup internasional. Kami tidak punya nama. Kami tidak memiliki simbol. Kami tidak memiliki daftar nama keanggotaan. Kami tidak memiliki situs web publik dan kami tidak mengiklankan diri kami sendiri. Kami adalah sekelompok individu yang telah membuktikan diri kami, seperti halnya Anda, dengan menyelesaikan kontes rekrutmen ini, dan kami dipersatukan oleh kepercayaan yang sama. Pembacaan yang cermat terhadap teks-teks yang digunakan dalam kontes akan mengungkapkan beberapa kepercayaan ini: bahwa tirani dan penindasan dalam bentuk apa pun harus berakhir, bahwa penyensoran salah dan bahwa privasi adalah hak yang tidak dapat dicabut. ”
Inti email tersebut adalah bahwa cicada adalah grup internasional yang tidak memiliki nama, simbol, member, public website dan tidak mengungkapkan siapa mereka. Bahwa awal mereka terbentuk adalah juga dengan menyelesaikan puzzle yang hanya bisa dipecahkan oleh orang-orang genius saja yang memiliki satu tujuan. Dan tujuan itu adalah untuk mengakhiri tirani dan penindasan, tidak adanya penyensoran, dan privacy adalah hak mutlak.

Email ini dibocorkan sendiri oleh pemenang puzzle 2012. Isi emailnya tidak dapat diverifikasi karena signature email dihilangkan untuk menjaga kerahasiaan pengirim. Namun, menurut orang lain yang menerima email yang sama mengatakan bahwa isi email itu sah.

Organisasi ini mungkin sangat kaya raya karena bisa menyebarkan petunjuk fisik yang tersebar di 9 negara. Dan bisa membeli kepercayaan para pemenang.

Kamu baru saja membaca tentang Cicada 3301 Misteri

Baca Juga Cerita Lainnya

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. Learn more