-->

Cerita Legenda Rakyat Asal Mula Nama Irian



Perkiraan waktu membaca Menit

Edit
Mananamakrdi, begitulah ia umum di panggil, yaitu anak bungsu suatu keluarga di Kampung Sopen, Biak Barat. Mananamakrdi bernasib sangatlah tak mujur, badannya penuh kudis serta berbau tidak enak.

Keadaan itu bikin saudara-saudara Mananamakrdi sangatlah membencinya. Mereka menyuruhnya tidur diluar. Walau sedih, Mananamakrdi tidak berdaya. Orangtuanya juga tidak dapat membelanya.

Asal Mula Nama Irian

Sampai satu hari, Mananamakrdi diusir oleh saudara-saudaranya lantaran bau kudisnya telah tidak tertahankan lagi. Ia mengambil langkah ke arah timur. Tanpa ada sadar ia sudah ada di pantai. Disana ia bersua dengan seseorang nelayan yang memberikannya tumpangan ke Pulau Miokbudi di Biak Timur. Di pulau itu, Mananamakrdi membangun gubuk kecil juga sebagai rumahnya.

Mananamakrdi menanam sagu serta bikin tuak juga sebagai bahan makannya sehari-hari. Tuak ia dapatkan dari pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar rumahnya. Sehari-hari Mananamakrdi menyadap air niranya untuk jadikan tuak.

Hidupnya jalan dengan lancar. Namun satu saat ia mendapat masalah. Air nira yang disadapnya senantiasa habis tidak berbekas. " Pasti ada pencuri, " pikirnya.

Ia juga mengambil keputusan untuk mengintai serta menangkap pencuri itu. Tetapi sampai malam tiba, pencuri itu tidak kunjung memperlihatkan diri. Ia tidak putus harapan serta meneruskan pengintaiannya sampai subuh. Nyatanya benar, makhluk yang menggunakan air nira kepunyaannya pada akhirnya nampak juga. Mananamakrdi sangatlah berang. Dengan cepat ia keluar dari persembunyiannya serta menangkap makhluk itu.

 " Siapa kau? Mengapa kau mengambil air niraku? " teriaknya.

Makhluk itu meronta-ronta, berupaya melepas diri. " Bebaskan saya. Saya yaitu si Bintang Pagi. Saya umum di panggil Sampan. Bebaskan saya, " jerit makhluk itu.

 " Enak saja. Bila kautak ingin kutangkap, kau mesti membantuku. Sembuhkan kudisku serta berikanlah saya istri yang cantik, " pinta Mananamakrdi.

 " Pergilah ke pantai. Disana ada pohon bitanggur. Bila kau lihat seseorang gadis tengah mandi, lemparlah ia dengan sebiji bitanggur. Gadis itu juga bakal jadi istrimu, " kata Sampan.

Mulai sejak itu tiap-tiap sore, Mananamakrdi memanjat pohon bitanggur serta melihat ke pantai. Satu sore, ia lihat seseorang gadis yang cantik tengah mandi seseorang diri.

Misal Cerita Legenda Asal Mula Nama Irian
Misal Cerita Legenda Asal Mula Nama Irian
Gadis itu bernama Insoraki, anak kepala suku dari kampung Meokbundi. Tidak ingin menyia-siakan peluang, Mananamakrdi segera melemparkan sebiji bitanggur ke gadis itu. Arus laut menyeret bji itu serta tentang badan Insoraki. Insoraki yang terasa terganggu dengan biji itu, melemparkannya ke tengah pantai. Tetapi aneh, setiap saat dilempar, biji itu senantiasa mental ke badannya. Lantaran jengkel, pada akhirnya gadis itu mengabaikannya.

Lalu, beredar berita bila Insoraki tengah memiliki kandungan. Kampung Meokbundi juga gempar. Walau didesak untuk menyampaikan siapa bapak bayinya, Insoraki tidak juga mengakui. Ia memanglah tidak tahu. Sebagian bln. selanjutnya ia melahirkan seseorang anak yang dinamai Konori. Waktu upacara peresmian nama, Mananamakrdi ada. Mendadak, Konori menunjuk ke arah Mananamakrdi serta memanggilnya, " Bapak... Bapak.... " Saat ini tersingkaplah siapa bapak bayi itu. Mananamakrdi serta Insoraki juga dinikahkan.

Walau sudah menikah dengan Insoraki, masyarakat kampung Meokbundi terus jijik pada Mananamakrdi. Mereka meninggalkan tempat itu, jadi tinggallah mereka bertiga saja. Mananamakrdi terasa kasihan dengan istri serta anaknya yang kerap dihina lantaran keadaan badannya. Satu waktu Mananamakrdi pergi menghimpun kayu bakar. Ia menyulutnya serta membakar dianya.

 " Suamiku, apa yang kau kerjakan? " teriak Insoraki sembari menangis. Tetapi keajaiban berlangsung. Dari balik api yang menjilat-jilat, nampaklah seseorang pria tampan berbadan mulus. Ia yaitu Mananamakrdi!

Insoraki suka sekali lihat pergantian bentuk suaminya. Mananamakrdi menamai dianya Masren Koreri yang bermakna " pria yang suci ". Kemudian, ia mengajak anak serta istrinya berlayar meninggalkan kampung Meokbundi menuju Mandori, dekat Manokwari.

Di satu pagi yang berkabut, Konori serta ibunya pergi ke pantai. Saat Matahari makin tinggi, kabut itu juga lenyap. Terlihat oleh Konori serta ibunya panorama yang sangatlah indah. Tanah berbukit-bukit nan hijau dengan latar langit yang biru.

Konori berteriakdengan lantang, " Irian... Irian.... " Irian bermakna panas.

Mananamakrdi yang mendengar teriakan itu bingung lantas ajukan pertanyaan, " Apa maksudmu anakku? Ini yaitu tanah nenek moyangmu. "

Insoraki menjawab, " Maksud Konori yaitu panas Matahari pagi sudah buka mata kita pada tanah yang indah. " Mananamakrdi tersenyum serta mengusap-usap rambut anaknya.

Mulai sejak itu, lokasi itu dinamai Irian. Panorama di Irian memanglah indah. Pantai berpasir serta bukit-bukit nan hijau membentang sejauh mata melihat. Hal semacam ini adalah keunggulan serta ri kepualauan Irian yang perlu kita jagalah.

Kamu baru saja membaca tentang Cerita Legenda Rakyat Asal Mula Nama Irian

Baca Juga Cerita Lainnya

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. Learn more