-->

Krasue Cerita Hantu Wanita Rakyat Thailand



Perkiraan waktu membaca Menit

Edit
Krasue (bahasa Thailand: กระสือ ), yang dikenal sebagai Ahp (Khmer: អា ប ) di Kamboja dan sebagai Kasu di Laos, sedangkan di Indonesia di kenal dengan Leyak dan Kuyang dll, meskipun secara sepesifik ada perbedaan, ia adalah roh wanita dari cerita rakyat Asia Tenggara. Yang memanifestasikan dirinya sebagai seorang wanita, biasanya muda dan cantik, dengan organ-organ internalnya/dalam menggantung dari leher, yang tertinggal di bawah kepala.

Roh ini bergerak dengan melayang-layang di udara di atas tanah, karena ia tidak memiliki tubuh dan kaki. Tenggorokan dapat terlihat baik sebagai hanya trakea atau dengan seluruh leher. Organ di bawah kepala biasanya termasuk jantung dan perut dengan usus panjang, saluran usus menekankan sifat rakus hantu itu.

Hantu ini digambarkan dengan lebih banyak organ internal di luar, seperti paru-paru dan hati, tetapi ukurannya jauh berkurang dan secara anatomis tidak sesuai dengan kepala.

Krasue
The Krasue juga ditemukan dalam cerita populer Malaysia dan Indonesia, di mana di ia disebut penanggalan , hantu penanggal atau leyak dan nama-nama lain. Roh Krasue ini juga merupakan bagian dari cerita rakyat Vietnam. Di Filipina juga ada hantu serupa, hantu manananggal, roh lokal yang menghantui wanita hamil.

Asal Krasue di Thailand 
Di Thailand, ada legenda asal Krasue dalam budaya Angkorian Khmer. Dalam legenda itu di ceritakan tentang seorang putri Khmer tertentu yang menjadi Krasue setelah dieksekusi dengan cara dibakar. Sebelumnya pernikahannya dengan seorang bangsawan Siam yang kuat dan telah diatur untuk wanita Khmer ini setelah kekalahan rakyatnya dalam perang. Namun, dia wanita itu sangat tertekan, karena dia jatuh cinta dengan salah satu prajurit, seorang pria muda dengan status lebih rendah.

Akhirnya dia tertangkap dengan kekasihnya itu dan Bangsawan Siam yang tersinggung itu menjatuhkan hukuman mati dengan membakar dia. Tidak lama sebelum eksekusi, sang putri mendapat seorang penyihir Khmer untuk melantunkan mantra sihir agar tubuhnya tidak terluka oleh nyala api. Mantra itu sangat kuat, tetapi efeknya datang terlambat, ketika sebagian besar tubuh sang putri telah terbakar kecuali kepalanya dan beberapa organ dalamnya. Sejak itu sisa-sisa yang tidak hangus dikutuk untuk terus hidup sebagai hantu Krasue. Versi modern dari legenda Krasue ini di angkat dalam film horor Thailand, Demonic Beauty 2002 .

Cerita lain Krasue di Thailand secara lisan 
Mengatakan bahwa roh ini dulunya adalah seorang wanita kaya yang memiliki kasa atau pita hitam yang diikatkan di kepala dan leher sebagai perlindungan dari sinar matahari. Wanita ini kemudian dirasuki oleh roh jahat dan dikutuk untuk menjadi Krasue. Legenda populer lainnya mengklaim bahwa asal mula roh mungkin adalah seorang wanita yang mencoba mempelajari ilmu hitam yang membuat kesalahan atau menggunakan mantra yang salah sehingga kepala dan tubuhnya menjadi terpisah.

Krasue Menurut Cerita lain di Thailand 
Krasue  adalah Dosa masa lalu juga terkait dengan penularan kutukan Krasue; yaitu wanita yang menggugurkan atau membunuh seseorang dalam kehidupan sebelumnya akan menjadi Krasue sebagai hukuman.

Cerita di Thailand juga mengatakan tentang seseorang yang akan dikutuk menjadi Krasue setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan air liur atau daging krasue.

Cerita Populer di Thailand juga mengklaim bahwa transformasi menjadi Krasue sebagian besar terbatas pada kerabat wanita yang berlatih sihir "Mae Mot" (แม่มด) atau "Yai Mot" (ยาย มด), terutama putri atau cucu perempuan mereka. Ketika seorang wanita seringkali bertingkah aneh dicurigai menjadi Krasue malam oleh anggota desa lainnya.

Deskripsi Krasue dalam cerita rakyat Thailand
Krasue berada di bawah kutukan yang membuatnya selalu lapar dan selalu aktif di malam hari ia pergi berburu untuk memuaskan kerakusannya, mencari darah untuk diminum atau daging mentah untuk dimakan. Ia dapat menyerang ternak atau ayam dalam kegelapan, meminum darah mereka dan memakan organ dalam mereka. Mungkin juga memangsa potongan ternak, seperti kerbau yang telah mati pada malam hari. Jika darah tidak tersedia, Krasue dapat memakan kotoran atau bangkai.  Pakaian yang ditinggalkan di luar jika ditemukan kotor dengan darah dan kotoran di pagi hari, diduga Krasue telah menyeka mulutnya disitu.

Dalam cerita Thailand Krasue juga memangsa wanita hamil di rumah mereka sebelum atau setelah melahirkan. Ia melayang di sekitar rumah wanita hamil membuat tangis tajam untuk menanamkan rasa takut. Ia menggunakan lidah seperti belalai memanjang, yang dipaksa masuk ke dalam v4gna wanita, untuk mencapai janin atau plasenta di dalam rahim.

Ada kebiasaan lain yang dilakukan oleh hantu ini, disebutkan, Krasue diyakini juga sebagai penyebab banyak penyakit yang menyerang wanita terutama di daerah pedesaan selama kehamilan mereka. Dalam beberapa kasus Krasue mungkin mengambil anak yang belum lahir dan menggunakan giginya yang tajam untuk melahapnya. Untuk melindungi wanita hamil agar tidak menjadi korban Krasue sebelum melahirkan, kerabat mereka menempatkan cabang berduri di sekitar rumah. Pagar berduri yang di improvisasi ini mencegah Krasue datang untuk menghisap darah dan menyebabkan penderitaan pada wanita hamil di dalam rumah. Setelah melahirkan, kerabat wanita harus mengambil plasenta dan dimakamkan yang jauh agar dapat menyembunyikannya dari Krasue. Ada kepercayaan bahwa jika plasenta terkubur cukup dalam, roh itu tidak dapat menemukannya.

Cerita Lain Krasue menurut Legenda Thailand
Krasue akan menyembunyikan tubuhnya, dan kepalanya prgi, tubuh Krasue yang di tinggalkan itu di yakini dimana ia berasal, tubuh dan kepala Krasue harus bersatu sebelum fajar, dan ia akan hidup seperti orang normal di siang hari, meskipun memiliki tampilan mengantuk.

Menghancurkan tubuh krasue yang di tinggalkan tanpa kepala itu akan fatal bagi roh Krasue. Kepalanya yang pergi terbang akan kembali setelah berburu tetapi tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya itu akan menyebabkannya menderita siksaan sampai mati. Jika bagian atas tubuh gagal menemukan bagian bawah sebelum fajar, ia akan mati dalam kesakitan yang mengerikan.

Krasue juga akan mati jika ususnya terputus atau jika tubuhnya menghilang atau disembunyikan oleh seseorang. Beberapa kepercayaan rakyat berpendapat bahwa makhluk itu dapat dihancurkan dengan membakarnya. Musuh utama Krasue adalah gerombolan penduduk desa yang marah. Mereka mungkin menangkap Krasue dan membunuhnya atau melihat dia ke mana dia pergi sebelum fajar dan menghancurkan tubuhnya.

Krasue di Angkat ke Film Thailand 
Krasue telah menjadi subjek dari sejumlah film di wilayah Thailand, termasuk My Mother is Arb (Khmer: កូន អើយ ម្តាយ អា ប ). Juga dikenal sebagai Krasue Mom , film horor Kamboja ini memiliki perbedaan menjadi film pertama yang dibuat di Kampuchea setelah tidak adanya film buatan lokal dari cerita rakyat lokal di Kamboja selama era Khmer Merah. dan masih banyak beberapa film lain mengenai roh Krasue

Kamu baru saja membaca tentang Krasue Cerita Hantu Wanita Rakyat Thailand

Baca Juga Cerita Lainnya

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. Learn more